Rabu, 14 November 2012

Metode dan Manfaat Menghafal dan Membaca Al-Qur’an


Menghafal Al-Qur’an memang hal yang sangat mulia untuk dilakukan, seperti terdapat pada Qur’an Surat Al-Ankabut [29] Ayat : 49 yang artinya : “Sebenarnya, (Al-Qur’an) itu adalah ayat-ayat yang jelas di dalam dada orang-orang yang berilmu. Hanya orang-orang zalim yang mengingkari ayat-ayat kami.”
Berikut ini adalah Metode-Metode mudah dan Manfaat menghafal Al-Qur’an…
Mantapkan Tujuan
Mengapa saya menghafal Al-Qur’an?
            Pertanyaan ini wajib Anda tujukan kepada anda sendiri sebelum anda menghafal Al-Qur’an. Upayakan jawaban dari pertanyaan tersebut adalah “Saya menghafal Al-Qur’an karena cinta pada Allah, berharap berharap akan Ridha-nya, dan agar beruntung mendapat kebahagiaan dunia akhirat.” Jika itu tujuan anda menghafal Al-Qur’an anda telah menempuh separuh perjalanan menghafal Al-Qur’an. Upayakan untuk merenung tentang faedah dan manfaat menghafal Al-Qur’an. Anda juga harus meyakini bahwa Allah akan memberikan kemudahan bagi anda untuk menghafal Al-Qur’an, Allah S.W.T telah berjanji, “Dan Sungguh, telah Kami mudahkan Al-Qur’an untuk peringatan, maka adakah orang yang mau mengambil pelajaran?” (Q.S. Al-Qamar [54] Ayat : 17).
Optimalkan Waktu Anda Untuk menghafal Al-Qur’an
          Jangan anda tunda untuk esok hari untuk menghafal Al-Qur’an, usia itu sangat pendek. Karena itu, Mulai saat ini untuk segera mengambil keputusan untuk menghafal Al-Qur’an. Jangan biarkan Waktu dan Usia kamu tanpa anda gunakan untuk membaca dan menghafal Al-Qur’an.
Lepaskan Rasa Takut dan Gangguan Kejiwaan
            Sebagian peneliti menjelaskan, setiap ayat Al-Qur’an memiliki kekuatan yang unik untuk menyembuhkan. Beberapa eksperimen membuktikan, bahwa orang yang hafal Al-Qur’an, lebih jarang terkena penyakit, apalagi penyakit kejiwaan. Bersediakah anda memulai proyek ini yang dapat mengubah kehidupan anda?
Tundukkan Kesulitan dalam Menghafal Al-Qur’an
            Kesulitan terbesar dalam menghafal Al-Qur’an adalah karena Al-Qur’an mempunyai gaya bahasa yang unik dan berbeda sama sekali dengan gaya bahasa manusia. Namun, jika anda merenungkan dan membaca Al-Qur’an terus menerus, maka Otak kita akan serasi dan lebih mudah menghafal Al-Qur’an.
Mendengarkan AL-Qur’an ketika Tidur
          Para ilmuan menegaskan bahwa walau kita tidur, otak kita tetap energik, me,perbaiki data yang telah dikumpulkan seharian, lalu menyusun dan memasang datadi lokasi-lokasi tertentu. Karena itu, setiap kita dapat mengambil faedah dalam tidurnya dan mendengarkan lantunan Al-Qur’an. Hal itu dapat membantu kita untuk memantapkanhafalan ayat-ayat Al-Qur’an.
Menghafal secara Konsisten
          Rasulullah S.A.W. bersabda “Setiap perbuatan pasti disertai dengan niat”. Sementara perbuatan yang paling disukai oleh Allah adalah perbuatan yang  dilakukan secar Konsisten atau Continue meskipun hanya sedikit.
Puasa Mempermudah Untuk menghafal Al-Qur’an
           Ketika anda berpuasa, manfaatkanlah waktu anda untuk menyibukkan menghafal Al-Qur’anyang sebelumnya anda telah dengarkan berulang-ulang. Puasa dapat menigkatkan Responsif anda agar lebih mudah menghafal Al-Qur’an. Hal ini menunjukkan bahwa bulan Ramadhan adalah waktu yang paling tepat untuk menghafal Al-Qur’an.
Al-Qur’an adalah Obat Hati
Al-Qur’an merupakan obat bagi penyakit-penyakit fisik dan kejiwaan terutama penyakit hati. Ketika anda merasa gundah dan cemas, membaca Al-Qur’an dapat menghilangkan perasaan itu. Ketika anda tertimpa penyakit, Al-Qur’an dapat menyembuhkannya atas izin Allah, membaca surah Al-Falaq, An-Naas, ayat Kursy dapat melindungi anda dari bermacam-macam gangguan.
Memprogram Otak untuk Menghafal Al-Qur’an
            Para ilmuan mengungkapkan, bahwa setiap suara yang didengar berulang-ulang dapat mengubah sistem sel-sel otak. Mendengarkan Al-Qur’an berarti anda mempersiapkan sel-sel otak anda untuk menghafal Al-Qur’an.
Mengulang Hafalan Al-Qur’an
            Jangan lupa untuk senantiasa mendengarkan surah tertentu atau sebuah halaman Al-Qur’an, lalu mendengarkannya berulang-ulang sampai anda menghafalnya.jika anda sudah menghafalnya, baca surah itu dalam Shalat. Pada malam hari, berwudhulah dan laksanakan dua shalat tahajud.dalam shalat itu, bacalah ayat-ayat yang anda hafalkan pada siang harinya. Anda akan merasakan kenikmatan yang luar biasa dan merasakan manis nya iman.
Hafal Al-Qur’an lahirkan Kebahagiaan
          Menghafal Al-Qur’an akan membuat seseorang semakin sabar dan tangguh dalam menghadapi beragai macam kesulitan hidup, jjjuga akn memperoleh kebahagiaan yang tak terhingga. Ketika anda hafal Al-Qur’an, anda dapat mengubah cara pandang anda terhadap yang berada di sekeliling kita. Selain itu, perlakuan anda akan sama dengan ajaran Al-Qur’an yang anda hafal.
 Al-Qur’an sebagai Budi Pekerti
            Aisyah pernah ditanya tentang Budi pekerti Rasulullah saw. Aisyah menjelaskan,”Budi pekerti Rasulullah adalah Al-Qur’an.”
Jika anda menginginkan Budi Pekerti andasama dengan budi pekerti Rasulullah saw., hafalkanlah Al-Qur’an, lalu hayatilah ayat-ayat yang anda baca dan anda dengarkan, sebagai bentuk Aplikasi terhadap firman Allah swt.
Dan apabila dibacakan Al-Qur’an, maka dengarkanlah dan diamlah, agar kamu mendapat rahmat.” (Q.S. Al-A’raf [7] ayat 204).
Hafal Al-Qur’an sebagai Pelipur Segala Lara
            Ketika anda membaca dan menghafal Al-Qur’an, anda pasti meneukan ayat-ayat tertentu yang sesuai untuk mengobati penyakit tertentu pula.seperti ayat-ayat untung mengobati lara, mengobati guncangan bati, menghilangkan rasa sedih, mempermudah rezeki dan ayat-ayat untuk cepat hamil dan mempermudah dalam proses melahirkan.
Satu Huruf al-Qur’an mengandung 10 pahala
            Rasulullah saw. Menegaskan bahwa barangsiapa yang membaca satu huruf dalam Al-Qur’an, ia mendapatkan satu pahala, dan dilipatgandakan hingga sepuluh pahala. Mari kita renungkan, berapa pahala yang didapatkan kita apabila kita membaca keseluruhan Al-Qur’an 30 Juz, dan anda membacanya berulang-ulang setiap bulan, misalnya. Sementara itu Al-Qur’an terdiri atas 322.604 huruf. Jika jumlah huruf tersebut dikalikan 10 pahala atau kebaikan, kita akan mendapatkan 3.226.040 kebaikan. Setiap kebaikan lebih baik daripada dunia.
Janin terpengaruh oleh bacaan Al-Qur’an
            Para ilmuan menegaskan bahwa janin dalam kandungan ibunya setelah 42 malammulai berinteraksi dengan pengaruh-pengaruh eksternal, dan ia mulai terpengaruh dengan suara yang ia dengar saat ia berada dalam perut ibunya.oleh karena itu, seorang ibu harus memperdengarkan ayat-ayat Al-Qur’an kepada janin yang berada di kandungannya. Apalagi setelah melahirkan, seorang ibu harus tetap memperdengarkan ayat-ayat Al-Qur’an kepada anaknya. Dengan begitu, sel-sel otak dan hati anak itu akan terpengaruh oleh ayat-ayat Al-Qur’an yang merupakan firman Allah swt.
Jika para ibu mempelakukan janinnya seperti itu, berarti ibu itu telah mempersiapkan anaknya untuk menghafal Al-Qur’an sebelum ia dilahirkan ke Dunia.

Fase-Fase Mudah Menghafal Al-Qur’an
1.      Mulailah menghafal Al-Qur’an dari surah yang anda sukai dan anda yakini untuk hafal.
2.      Dengarlah surah yang anda hafal sebanyak 10 atau 20 kali.
3.      Buka Al-Qur’an unuk melihat surah yang anda hafal. Anda pasti merasa Familiar dan lebih mudah menghafal surah itu karena surah itu sudah terekam dalam sel-sel otak anda seteah anda sering mendengar surah itu.
4.      Surah yang akan anda hafalkan diklasifikasikan ke dalam beberapa kelompok.
5.      Mulai dengan membaca kelompok ayat pertama, diulang-ulang hingga hafal.
6.      Kemudian baca berulang-ulang kelompok kedua hinga hafal. Setelah itu gabungkan kelompok ayat pertama dan kedua dalam bacaan anda hingga benar-benar hafal.

Sekian dulu artikel saya tentang Metode dan Manfaat Menghafal dan Membaca Al-Qur’an.
Semoga bermanfaat untuk anda yang ingin menghafal Al-Qur’an.
Assalamu’alaikum Wr.Wb.
Iyan Shofwanul Kh. Dengan bantuan inspirasi dari teman-teman di Kelas 8.1 SMPN 1 Cilimus…

Follow Twitter kami :      @iyan_trueblues
                                          @alfaridzi_alfi
                                          @rifky_haekal

Tidak ada komentar:

Posting Komentar